Jumat, 28 November 2014

PENDIDIK MENYETAI SEBAGAI PENDAKWAH





FAKULTI GUNAAN DAN SAINS SOSIAL

SEMESTER 3/ TAHUN 2014

(AMSU5303)
METODOLOGI DAKWAH DI MALAYSIA

TUTOR : DR. NAZLI OMAR




PROGRAM                                        :           SARJANA PENGAJIAN ISLAM
NAMA                                                :           MUHAMMAD KAMAL BIN SULAIMAN
NO. KAD PENGENALAN              :           A 2931438
NO. TELEFON                                  :           019-6279108
E-MEL                                                :           leo.kamal@yahoo.com
PUSAT PEMBELAJARAN              :           PP MELAKA




1.0   PENDAHULUAN

2.0 EMPAT KAEDAH GURU BERPERANAN SEBAGAI PENDAKWAH SERTA KEPENTINGAN ASPEK PENDIDIKAN  DALAM USAHA MENINGKATKAN KEWIBAWAAN DAN MENJAMIN SURVIVAL UMAT ISLAM.   

3.0  EMPAT DALIL NAQLI  YANG MEMBUKTIKAN KEPRIHATINAN TERHADAP ASPEK PENDIDIKAN DALAM AL-QURAN DAN HADIS


4.0 EMPAT METODOLOGI DAKWAH YANG RELEVAN UNTUK DIAPLIKASI DALAM PENDIDIKAN KANAK-KANAK.

1.      Metode Tanya Jawab
Metode tanya jawab adalah suatu proses kegiatan pengembangan yang ditandai adanya proses pertukaran komunikasi yang berorientasi pada “menanyakan dan menjawab pertanyaan yang diberikan”. Pertanyaan bias saja diajukan oleh pendidik kepada anak atau diajukan oleh anak kepada temannya. Sebagai pendidik sebaiknya lebih menekankan terhadap kalimat tanya yang bersifat lebih terbuka, jawaban tidak sekedar ya atau tidak.

5.0  EMPAT PENDEKATAN DAKWAH SEMASA YANG SESUAI DIAPLIKASI  TERHADAP KANAK-KANAK
 
6.0 EMPAT PERSIAPAN YANG PERLU  BAGI SEORANG PENDIDIK YANG BERPERANAN SEBAGAI PENDAKWAH.


7. EMPAT CABARAN YANG MUNGKIN DIHADAPI OLEH SEORANG PENDIDIK DALAM USAHA MEREALISASIKAN PERANANNYA SEBAGAI PENDAKWAH SERTA  KAEDAH MENGATASINYA.

8.0 KESIMPULAN 

PENDIDIK MENYETAI SEBAGAI PENDAKWAH





FAKULTI GUNAAN DAN SAINS SOSIAL

SEMESTER 3/ TAHUN 2014

(AMSU5303)
METODOLOGI DAKWAH DI MALAYSIA

TUTOR : DR. NAZLI OMAR




PROGRAM                                        :           SARJANA PENGAJIAN ISLAM
NAMA                                                :           MUHAMMAD KAMAL BIN SULAIMAN
NO. KAD PENGENALAN              :           A 2931438
NO. TELEFON                                  :           019-6279108
E-MEL                                                :           leo.kamal@yahoo.com
PUSAT PEMBELAJARAN              :           PP MELAKA




1.0   PENDAHULUAN

2.0 EMPAT KAEDAH GURU BERPERANAN SEBAGAI PENDAKWAH SERTA KEPENTINGAN ASPEK PENDIDIKAN  DALAM USAHA MENINGKATKAN KEWIBAWAAN DAN MENJAMIN SURVIVAL UMAT ISLAM.   

3.0  EMPAT DALIL NAQLI  YANG MEMBUKTIKAN KEPRIHATINAN TERHADAP ASPEK PENDIDIKAN DALAM AL-QURAN DAN HADIS


4.0 EMPAT METODOLOGI DAKWAH YANG RELEVAN UNTUK DIAPLIKASI DALAM PENDIDIKAN KANAK-KANAK.

1.      Metode Tanya Jawab
Metode tanya jawab adalah suatu proses kegiatan pengembangan yang ditandai adanya proses pertukaran komunikasi yang berorientasi pada “menanyakan dan menjawab pertanyaan yang diberikan”. Pertanyaan bias saja diajukan oleh pendidik kepada anak atau diajukan oleh anak kepada temannya. Sebagai pendidik sebaiknya lebih menekankan terhadap kalimat tanya yang bersifat lebih terbuka, jawaban tidak sekedar ya atau tidak.

5.0  EMPAT PENDEKATAN DAKWAH SEMASA YANG SESUAI DIAPLIKASI  TERHADAP KANAK-KANAK
 
6.0 EMPAT PERSIAPAN YANG PERLU  BAGI SEORANG PENDIDIK YANG BERPERANAN SEBAGAI PENDAKWAH.


7. EMPAT CABARAN YANG MUNGKIN DIHADAPI OLEH SEORANG PENDIDIK DALAM USAHA MEREALISASIKAN PERANANNYA SEBAGAI PENDAKWAH SERTA  KAEDAH MENGATASINYA.

8.0 KESIMPULAN 

PENDIDIK MENYETAI SEBAGAI PENDAKWAH





FAKULTI GUNAAN DAN SAINS SOSIAL

SEMESTER 3/ TAHUN 2014

(AMSU5303)
METODOLOGI DAKWAH DI MALAYSIA

TUTOR : DR. NAZLI OMAR




PROGRAM                                        :           SARJANA PENGAJIAN ISLAM
NAMA                                                :           MUHAMMAD KAMAL BIN SULAIMAN
NO. KAD PENGENALAN              :           A 2931438
NO. TELEFON                                  :           019-6279108
E-MEL                                                :           leo.kamal@yahoo.com
PUSAT PEMBELAJARAN              :           PP MELAKA




1.0   PENDAHULUAN

2.0 EMPAT KAEDAH GURU BERPERANAN SEBAGAI PENDAKWAH SERTA KEPENTINGAN ASPEK PENDIDIKAN  DALAM USAHA MENINGKATKAN KEWIBAWAAN DAN MENJAMIN SURVIVAL UMAT ISLAM.   

3.0  EMPAT DALIL NAQLI  YANG MEMBUKTIKAN KEPRIHATINAN TERHADAP ASPEK PENDIDIKAN DALAM AL-QURAN DAN HADIS


4.0 EMPAT METODOLOGI DAKWAH YANG RELEVAN UNTUK DIAPLIKASI DALAM PENDIDIKAN KANAK-KANAK.

1.      Metode Tanya Jawab
Metode tanya jawab adalah suatu proses kegiatan pengembangan yang ditandai adanya proses pertukaran komunikasi yang berorientasi pada “menanyakan dan menjawab pertanyaan yang diberikan”. Pertanyaan bias saja diajukan oleh pendidik kepada anak atau diajukan oleh anak kepada temannya. Sebagai pendidik sebaiknya lebih menekankan terhadap kalimat tanya yang bersifat lebih terbuka, jawaban tidak sekedar ya atau tidak.

5.0  EMPAT PENDEKATAN DAKWAH SEMASA YANG SESUAI DIAPLIKASI  TERHADAP KANAK-KANAK
 
6.0 EMPAT PERSIAPAN YANG PERLU  BAGI SEORANG PENDIDIK YANG BERPERANAN SEBAGAI PENDAKWAH.


7. EMPAT CABARAN YANG MUNGKIN DIHADAPI OLEH SEORANG PENDIDIK DALAM USAHA MEREALISASIKAN PERANANNYA SEBAGAI PENDAKWAH SERTA  KAEDAH MENGATASINYA.

8.0 KESIMPULAN 

Kamis, 27 November 2014

PENGARUH ZIKIR

“(Yaitu) orang-orang yang beriman dan tenteram hati mereka dengan zikrullah, ketahuilah hanya dengan mengingat Allah itu, hati menjadi tenteram.” (Ar-Ra’d, ayat 28)

OTAK hanyalah aktivitas-aktivitas bio-elektrik yang melibatkan sekumpulan saraf yang dipertanggungjawabkan untuk melakukan tugas-tugas tertentu untuk memungkinkan ia bekerja dengan sempurna. seperti yang dilansir islampos.com 

Setiap hari 14 juta saraf yang membentuk otak ini berinteraksi dengan 16 juta saraf tubuh yang lain. 

Semua aktivitas yang kita lakukan dan pemahaman atau ilmu yang kita peroleh adalah natijah dari aliran interaksi bio-listrik yang tidak terbatas. 

Oleh itu, apabila seorang itu berzikir dengan mengulangi kalimat-kalimat Allah, seperti Subhanallah, beberapa kawasan otak yang terlibat menjadi aktif. 

Ini menyebabkan satu aliran bio-listrik di wilayah saraf otak tersebut. 

Bila zikir disebut berulang-ulang kali, aktivitas saraf ini menjadi bertambah aktif dan turut menambah tenaga bio-listrik. 

Lama-kelamaan kelompok saraf yang sangat aktif ini mempengaruhi kelompok saraf yang lain untuk turut sama aktif. 

Dengan itu, otak menjadi aktif secara keseluruhan. 

Otak mulai memahami hal baru, melihat dari sudut perspektif berbeda dan semakin kreatif dan kritis, sedang sebelum berzikir otak tidak begini. 

Otak yang segar dan fit secara tidak langsung mempengaruhi hati untuk melakukan kebaikan dan menerima kebenaran. 

Hasil penelitian laboratorium yang dilakukan terhadap subjek ini dimuat dalam majalah Scientific American, edisi Desember 1993. 

Senin, 17 November 2014

JANGAN MERASA LEMAH DALAM MENUNTUT ILMU

Imam As-Subki dalam "Tabaqat Syafi'iah Al-Kubra" bercerita, Imam Muhammad Rabi' adalah murid senior Imam Asy-Syafi'i. Dulu ketika menuntut ilmu, beliau sangat rajin mengikuti pengajian bersama Imam Asy-Syafi'i, tapi beliau kurang cerdas, pemahamannya sangat lambat.

Imam Syafi'i mengajarkan Muhammad Rabi' secara pelan-pelan. Kadang-kadang sebuah permasalahan diulang-ulang sampai empat puluh kali. Tapi Muhammad Rabi' tetap lambat memahaminya. Karena itu, Muhammad Rabi' merasa malu dengan orang-orang yang mengikuti pengajian di majlis tersebut. Sehingga suatu ketika beliau terpaksa keluar meninggalkan majlis di sela-sela berlangsungnya pengajian.

Imam Asy-Syafi'i adalah seorang ulama yang penuh kasih sayang. Dalam khulwahnya (ibadat) ketika bermunajat kepada Allah Swt, beliau selalu berdoa semoga Allah Swt memberi kemudahan kepada Muhammad Rabi' dalam meneguk suguhan ilmu darinya. Walhasil doa Imam Syafi'i diterima oleh Allah Swt. Akhirnya Muhammad Rabi' menjadi seorang ulama besar perintis mazdhab Imam Syafi'i.

Kisah di atas mengajarkan kita untuk menjadi guru yang baik bagi murid-murid yang kita ajarkan. Lihatlah peran Imam Asy-Syafi'i dalam mengajar anak didiknya. Beliau bukan hanya bertumpu pada membaca dan menjelaskan lembaran demi lembaran buku . Tapi beliau berdoa dalam ibadahnya kepada Allah Swt, semoga apa yang sudah diajarkan benar-benar dimengerti oleh muridnya. Murid-murid yang lambat pemahaman semoga dipercepat dalam memahami setiap suguhan ilmu darinya.

Hal ini harus menjadi cerminan bagi setiap guru. Seorang pengajar pasti ingin memiliki murid yang sukses. Ingin setiap ilmu yang diterangkan dengan mudah bisa dipahami oleh orang yang diajarkan. Perjuangan Anda dalam membentuk pribadi murid seperti yang Anda inginkan jangan hanya dengan mengajar dan menerangkan pelajaran dalam kelas. 

Akan tetapi, buktikan keseriusan Anda untuk meraih hal tersebut dalam setiap doa ketika bermunajat kepada Allah Swt. Dengan demikian, kita sangat yakin bahwa Allah Swt akan memberikan apa yang Anda inginkan. Karena Anda telah berjuang dalam dua jalan; berusaha dan berdoa. Bukankah usaha yang diiringi dengan doa akan dengan mudah diterima Tuhan?

SISTEM PAJAK GADAI MALAYSIA

Sistem pajak gadai di malaysia.

Untuk pengetahuan anda semua, terdapat 2 sistem pajak gadai di Malaysia iaitu:
1. Sistem pajak gadai konvensional
2. Sistem pajak gadai berkonsep Islam (Ar-Rahnu)
Sistem pajak gadai konvensional biasanya dikuasai oleh orang bukan Islam dan tertakluk kepada Akta Pajak Gadai 1972. Pajak gadai konvensional boleh mengenakan faedah/riba keatas pinjaman sehingga 2% sebulan bagi tempoh maksima pajakan 6 bulan. Maksima pinjaman pula ialah RM5000.00
Saya tiada pengalaman memajak emas di pajak gadai konvensional. Lagipun pajak gadai konvensional menggunakan sistem faedah/riba yang jelas bertentangan dengan Islam.
So saya tak recommend lah….

Sistem pajak gadai berkonsep Islam Ar-Rahnu.

Kebaikan sistem pajak gadai Islam berbanding pajak gadai konvensional ialah:
1. Tidak mengenakan faedah/riba sebaliknya menggunakan konsep upah simpan.
2. Wang lebih gadaian dipulangkan jika emas yang tidak ditebus dilelong.
3. Cas perkhidmatan yang rendah
4. Tiada unsur penipuan semasa membuat penimbangan.
5. Tempoh membayar balik yang munasabah
6. Kalau emas hendak dilelong, notis akan diberikan kepada penggadai.
Di Malaysia, diantara bank yang menawarkan perkhidmatan Ar-Rahnu ialah Bank Rakyat dan Agro Bank.
Memandangkan saya pernah memajak emas di kedua-dua bank, maka saya akan tumpukan kepada bank-bank ini.
1. Ar-Rahnu Bank Rakyat:Maklumat lanjut tentang skim Ar-Rahnu Bank Rakyat boleh baca kat sini:
http://bankrakyat.com.my/web/guest/arrahnu 
2. Ar-Rahnu Agro Bank:Maklumat lanjut mengenai skim Ar-Rahnu Agro Bank boleh dibaca kat sini
http://www.agrobank.com.my/article.cfm?id=711

Minggu, 16 November 2014

MUSLIM YANG TERLEBIH DAHULU MENEMUKAN BENUA EROPA

Erdogan: Benua Amerika Ditemukan Pelaut Muslim

 

 





dakwatuna.com – Istanbul.  Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan Benua Amerika ditemukan pelaut-pelaut Muslim. Dia juga berjanji mendirikan masjid di sebuah bukit di Kuba seperti yang tertera dalam catatan harian Christopher Columbus.
“Jika pemerintah Kuba memberi izin, kami akan bangun kembali masjid yang pernah dilihat Columbus dan tertulis dalam catatan harian sang pelaut,” ujar Erdogan saat berbicara dalam penutupan KTT Muslim Amerika Latin di Istanbul, Sabtu (15/11/14).
Pelaut Muslim tiba di pantai Amerika tahun 1178. Dalam catatan hariannya, Colombus menyebut sebuah masjid di atas bukit di Kuba.
“Catatan harian itu adalah bukti otentik bahwa Islam telah menyebar ke Amerika sebelum penjelajah Eropa kali pertama menemukan dunia baru yang disebut Amerika tahun 1492,” demikian Erdogan.
Dr Youssef Mroueh, dari A-Sunnah Foundation of America, mempublikasikan klaim adanya sebuah masjid di Kuba — seperti dicatat Columbus.
Tahun 1996, Dr Youssef menulis; Columbus, dalam surat-suratnya, mengakui bahwa pada Senin, 21 Oktober 1492 melihat sebuah masjid di timur laut Kuba. Ia melihat sebuah masjid yang indah di atas sebuah bukit. Saat itu kapalnya berlayar dekat Gibara.
Namun beberapa cendikiawan Muslim mengesampingkan klaim itu. Menurut mereka, kalimat dalam catatan harian itu adalah metafora. Selain itu, kendati permukiman pra-Columbus ada sekitar 16.500 sampai 13.000 tahun yang lalu, tidak ada tanda-tanda adanya peninggalan Islam.
Terlepas dari perdebatan soal penemu Benua Amerika, Erdogan mengisyaratkan tertarik membangun masjid di Kuba.
“Saya ingin berbicara dengan saudara saya dari Kuba mengenai kemungkinan mendapatkan ijin untuk pembangunan masjid di puncak bukit itu,” ujar Erdogan seperti dikutip Hurriyet Daily News.
April lalu, Diyanet — Direkttorat Jenderal Urusan Agama — mengirim delegasi ke Kuba untuk menjajagi proyek pembangunan sebuah masjid yang sesuai dengan karakter sejarah Havana. Pemerintah Kuba belum mengeluarkan pernyataan tentang proyek ini.
Erdogan juga mengomentari soal konversi paksa dengan pedang. Menurutnya, Islam tidak pernah menjadi alat eksploitasi.
“Orang-orang yang menjajah Afrika untuk emas dan belian kini melakukan hal yang sama untuk minyak di Timur Tengah,” ujarnya. “Mereka melakukan sesuatu yang kotor.” (inilah/sbb/dakwatuna)



Sumber: http://www.dakwatuna.com/2014/11/16/60056/erdogan-benua-amerika-ditemukan-pelaut-muslim/#ixzz3JFXN8olZ 
Follow us: @dakwatuna on Twitter | dakwatunacom on Facebook

Kamis, 13 November 2014

PROPOKATOR AUSTRALIA MENCOBA MENGKELABUI HALAL MENJADI TIDAK HALAL

Kamis, 13/11/2014 19:49 WIB

Giliran Es Kopi Kemasan Jadi Sasaran Kampanye Anti Label Halal

ABC Australia - detikNews
Jakarta - Kampanye anti produk halal terus berlanjut di Australia. Kali ini produk es kopi kemasan populer yang menjadi sasaran. Sejumlah pemimpin agama sebelumnya telah menyerukan agar kampanye anti halal dihentikan karena merupakan bentuk bullying yang mengancam perusahaan di Australia.


Kondisi cuaca yang sering kali panas di di kawasan Northern Territory membuat es kopi menjadi minuman populer bagi masyarakat yang tinggal di wilayah tersebut.

Namun kampanye di media sosial mulai menyarankan orang untuk berhenti mengkonsumsi minuman es kopi bermerek Paul tersebut karena memiliki label halal, yang berarti boleh dikonsumsi warga muslim.
Kampanye anti halal semacam ini telah menempatkan produsen dari produk berlabel halal sebagai perusahaan yang mendukung kegiatan teroris oleh kelompok islam tertentu dan terlibat dalam perlakuan yang menyiksa binatang.
Namun tudingan ini kembali dibantah oleh perwakilan komunitas muslim di NT. Wakil Ketua Dewan Islam Northern Territory, Sadaruddin Chowdhury mengatakan tudingan itu keliru.

Sadrudin mengatakan sertifikat halal dilakukan oleh perusahaan swasta, dan memungkinkan perusahaan itu menjual produknya ke negara-negara muslim seperti Indonesia, Arab Saudi yang tidak membolehkan produk non halal di jual ke negaranya.
Dana dari biaya penerbitan sertifikat produk halal itu jauh tidak mungkin digunakan untuk mendanai terorisme, ketimbang dari sumber bisnis lainnya," katanya.

"ISIS bisa mendapatkan uang dari sumber mana saja, jika memang ada orang tertentu yang berniat untuk mendukung organisasi tersebut," kata Chowdhury.
"Karena alasan itu dilakukan penegakan hukum oleh aparat yang berwenang menyelidiki hal-hal semacam ini,"
"Lagi pula mengirimkan uang kepada jaringan teroris bukan perkara yang mudah mengingat ketatnya pengawasan yang dilakukan oleh aparat berwenang,"
Salah satu persyaratan untuk mendapatkan label halal adalah salah satunya hewan ternak harus disembelih dengan cara-cara yang humanis dan bukan untuk kesenangan atau semena-mena," tambah Chowdhury.
Menurutnya menghilangkan label halal tidak akan merugikan perusahaan tapi justru akan menyulitkan muslim di Australia yang tidak mengetahui mana produk yang sesuai dengan ketentuan agamanya.
Baru-baru ini, sebuah perusahaan di Australia Selatan, Fleurieu Milk and Yoghurt membatalkan kontrak dagangnya dengan Maskapai Emirates karena menjadi sasaran kampanye produk halal di media sosial.
Produk lain yang juga menjadi sasaran kampanye anti halal di Australia adalah sejumlah selai kacang, permen karet, coklat dan pie daging.
ABC telah menghubungi Parmalat - perusahaan induk produsen Paul' untuk meminta tanggapan atas kampanye anti halal terhadap produknya.

Parmalat Australia di situsnya menyatakan gelatin yang digunakan dalam seluruh produk Pauls berasal dari sapi halal yang sudah mendapatkan persetujuan.
(nwk/nwk)