firman Allah Ta’ala:
(10) قَدْ أَفْلَحَ مَنْ زَكَّاهَا (9) وَقَدْ خَابَ مَنْ دَسَّاهَا
Artinya: “Sungguh telah beruntung orang yg mensucikan jiwanya. Dan
sungguh telah merugi orang yg mengotori jiwanya.” (QS. Asy-Syamsi: 9-10)
Makna ayat tersebut, sungguh telah beruntung dan bahagia orang yg
mensucikan jiwanya dengan melakukan amal-amal kebaikan dan ketaatan kpd
Allah, mengikuti petunjuk Rasul-Nya, serta menjauhi apa saja yg
dilarang-Nya. Dan sungguh telah merugi sebesar-besarnya siapa saja yg
mengotori jiwanya dengan melalaikan kewajiban-kewajibannya kpd Allah,
melanggar larangan-laranganNya, serta melumuri jiwanya dengan noda-noda
dosa dan maksiat.
» Dan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
الكيس من دان نفسه وعمل لما بعد الموت والعاجز من أتبع نفسه هواها وتمنى على الله الأماني
(Al-Kayyisu man Daana Nafsahu wa ‘amila limaa ba’da al-Mauti, wal
‘Aajizu man Atba’a Nafsahu Hawaahaa wa Tamannaa ‘Alallaahi al-Amaani)
Artinya: “Orang yg pandai ialah siapa saja yg menundukkan hawa
nafsunya dan beramal utk hari setelah kematian (yakni hari akhirat).
Sedangkan orang yg lemah (bodoh) ialah siapa saja yg senantiasa
mengikuti hawa nafsunya dan banyak berangan-angan kpd Allah (tapi tanpa
beramal, pent).” (HR. at-Tirmidzi, Ibnu Majah, Ahmad, Al-Baihaqi,
Ath-Thobroni Dan selainnya. Derajat hadits ini secara sanad dinyatakan
DHO’IF Oleh Syaikh Al-Albani, namun maknanya SHOHIH).
Berdasarkan kedua ayat dan hadits di atas, marilah kita semua
bersungguh-sungguh dlm melakukan amal-amal kebajikan dan ketaatan kpd
Allah, serta menjauhi segala perbuatan dosa dan maksiat hingga kematian
menjemput kita. Hal ini berdasarkan firman Allah Ta’ala:
وَاعْبُدْ رَبَّكَ حَتَّى يَأْتِيَكَ الْيَقِينُ
Artinya: “Beribadahlah engkau kepada Tuhan-Mu hingga datang kepadamu kematian.” (QS. Al-Hijr: 99)
Dan juga dikarenakan kebahagiaan dan kesengsaraan seorang hamba itu
tergantung pada amalan-amalan terakhirnya yg menjadi penutup
kehidupannya di dunia ini.
» Hal ini berdasarkan hadits yg shohih, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pernah bersabda:
إنما الأعمال بالخواتيم (رواه البخاري).
Artinya: “Sesungguhnya amalan-amalan (seorang hamba) itu tergantung pada amalan-amalan penutupnya.” (HR. Imam Al-Bukhari).
Maksudnya, amalan terakhir seorang hamba yg menjadi penutup kehidupannya di dunia ini.
» Az-Zarqoni rahimahullah didlm Syarah Al-Muwaththo’ menerangkan
makna hadits tsb dengan mengatakan, “Bahwasanya nasib seseorang sangat
ditentukan oleh amalan terakhirnya, dan dengan amalan terakhirnya itu ia
akan diberi balasan (oleh Allah).” (Lihat Syarhu Al-Muwaththo’ imam
Malik)
Maksudnya, barangsiapa yg berpindah dari perbuatan buruk kepada
perbuatan baik, maka ia dianggap sebagai orang yg bertaubat kpd Allah.
Dan barangsiapa yg berpindah dari keimanan menuju kekufuran, maka ia
dianggap sebagai orang yg murtad.
» Penafsiran Az-Zarqoni rahimahullah terhdp hadits ini sesuai dengan sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam:
لا عليكم أن لا تعجبوا بعمل أحد حتى تنظروا بم يختم له
Artinya: “Janganlah kalian merasa kagum dengan amalan seseorang
sehingga kalian melihat dengan amalan apa yg mengakhiri hidupnya.” (HR.
Ahmad di dlm Al-Musnad. Dan dinyatakan SHOHIH oleh syaikh Al-Albani n
Syu’aib Al-Arnauth rahimahumallah)
» Disebutkan dlm hadits shohih, bahwa ketika Nabi shallallahu ‘alaihi
wasallam berjihad melawan kaum musyrikin, tiba2 ada seseorang yg dengan
gagah berani menerjang barisan kaum musyrikin dan membabat habis
siapapun yg menghadangnya. Nabi mengatakan bahwa ia termasuk calon
penghuni neraka. Maka para sahabat merasa heran dgn perkataan Nabi tsb.
Akhirnya, ada seorang sahabat yg membuntuti orang pemberani tsb. Dan
ternyata ia menyaksikan secara langsung orang tsb bunuh diri dengan
menusukkan pedangnya ke dlm perutnya. Ia mati bukan karena dibunuh oleh
orang musyrik, tapi dia membunuh dirinya sendiri. Maka, sahabat tsb
menemui Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam seraya mengucapkan, “Aku
bersaksi bahwa engkau adalah Rasulullah.” Dan ia pun memberitahukan
kejadian tsb kpd beliau. (Makna hadits ini diriwayatkan oleh imam
Al-Bukhari no.2898, dari jalan SahL bin Sa’ad radhiyallahu anhu).
» Sedangkan Al-Hafizh Ibnu Hajar Al-Asqolani rahimahullah membawa
makna hadits tsb kpd siapa saja yg beramal sholih namun dengan niat
riya’ (pamer) dan atas dasar kemunafikan, maka ia akan mengakhiri
hidupnya dengan keburukan. (Na’udzu billahi min Dzalik)
» Penafsiran ini sesuai dengan sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam:
إن العبد ليعمل في ما يرى الناس عمل أهل الجنة وإنه لمن أهل النار.
ويعمل في ما يرى الناس عمل أهل النار وهو من أهل الجنة. وإنما الأعمال
بخواتيمها
Artinya: “Sesungguhnya ada seorang hamba yg melakukan amalan penghuni
surga menurut pandangan manusia, padahal sesungguhnya (di mata Allah)
ia termasuk penghuni neraka. Dan ada seorang hamba yg melakukan amalan
penghuni neraka menurut pandangan manusia, padahal sesungguhnya (di mata
Allah) ia termasuk calon penghuni Surga. Dan sesungguhnya amalan-amalan
hamba itu ditentukan oleh amalan penutup (hidup)nya.” (HR. Al-Bukhari)
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar