Kamis, 04 Juli 2013

Restorasi Integrasi Ma`had Pendidikan Islam Di Era Global;



موضوع :  مستقبل المدرسة
ملخص

إستعادة أساس معهد التربية الإسلامية في عصر التكامل العالمي ؛
 المدرسة ، المدرسة الدينية داخلي ، والمدرسة العامة
( تأملات في إدارة التربية والتعليم في المجتمعات الريفية في آتشيه )
خلفية البحث :  بلاد آتشيه معروف  بالتطبيق  "الشريعة الإسلامية".  أي  البلاد ( إقرأ:  المحافظة ) التي يتم موافقة القانونية  المدنية و العرفية  -  تعطى الفرصة لإضفاء الطابع الرسمي الشريعة الإسلامية كافة. لتفعيل، بدأت فعلا من العملية التعليمية على أساس الشريعة الإسلامية. المهم أن  التربية الإسلامية حل واحد و إجابة شافية من سائر النموذج التربية الأخرى.  اليوم، التعليم القائم على أساس دينية في شكل المدرسة، والشكل المدرسة العامة (  غير الدينية  )  مع أن الشعب آتشيه السابقون الأولون الذين يشعرون بالإسلام، لديهيم  تقليد في التربية و التعليم  في شكل المدرسة الدينية داخلية.  إدارة السياقية التعليم في خضم شعب أتشيه، لا سيما في المناطق الريفية والمعزولة، بعيدا عن الدخول إلى المناطق الحضرية، وثلاث مؤسسة تعليمية تبين الانطباع من التفرد، كل منها تسعى للحصول على "الهدف"  في عرض المؤسسية والتعليمية الضيقة كوحدة في إطار منارة   الشرعية الإسلامية في البلاد آتشيه ، بحيث يأتي إلى السطح:
(1)  نظام التعليم دون الاستجابة للسياقية مع أن  البلاد أتشيه  بلادة شريعة إسلامية، (2)  بين  المؤسسة مع غيرها من المؤسسات المخلتفة التعليم والتربية عدم  التواصل الجيد  للنهوض بالتعليم،  ( 3 ) نظام التعليم التي هي أقل حساسية للتطورات العالمية؛ ( 4 )  دراسة كتب تراث مع نهج النصية بحتة، مع استبعاد من كنوز أخرى من الكتاب،  (5)  تجنب اقتراحات بناءة التحديث لتطوير النمط معهد الدينة داخلي،  (6)  رفض التدخل الخارجي لأهتمامه على تنظيم معهد الدينة داخلي ، 7 )  ) حافظ على مسافة من المؤسسات التعليمية الأخرى؛ (8)  النظر في التعليم النظامي الرسمي  هي التعليم العلمانية التي ينبغي تجنبها؛ ( 9 ) هي أقل إهتمام للقضايا الإجتماعية  حول معهد الدينة داخلي ،  (10) يشعر  كأنه " إبن المحبوب " في التنفيذ الحقيق  من الحكم الذاتي الاقليمي للمدارس العامة.  نعرف وننظر أن الدراسة  التي أقامها العلماء السابقة  طابع شامل دون الاستئثار الذي يركز على جهة واحد نفي جهة الأخرى،  ثم أن يظهر التعليم  تبدو مثل  معهد الدينة داخلي للتعليم .
منهاج  البحث: هذا البحث تقرب إلى التجريبية-الإثنوغرافية ،  الذين يرون واقعة الشريعة الإسلامية في آتشيه في الإطار، مع النظر إلى  التقليدية الإسلامية .
نتائج البحث :  في الواقع، هذه الديناميات، يجب أن تعالجه مع عقلية شمولية والإثنوغرافية ، ذلك سيوفر نمط البديلة التي تسمح بإنشاء أساس معهد الدينة داخلي ( المؤسسة ) في  تعليم المتوقع ( اقرأ: الإسلامي ) و نعتقد  بأن التعليم هو الشيء الوحيد الذي يجلب التقدم في البلاد - كما يتضح من العلماء السابقة ، فضلا عن دراسات النموذج الذي لا يملك الحاجز القياسية والإطار، ينبغي أن تستخدم كمعايير للتقدم .
خلاصة البحث : ويمكن لهذا النهج أن تستخدم لكسر الجليد في جمود السوسيولوجية منقوشة التربية الإسلامية، ولا سيما في المناطق الريفية في آتشيه، ويستند على الشريعة الإسلامية بالمبادي التالية :
 (1) رجوع إلى التشريعات التنظيمية التي تسمح بإدماج مادة معهد الدينة داخلي تكون كمؤسسة التعليم القائم على الشريعة الإسلامية (  باعتبارها شكلا من أشكال التعليم الإسلامي )
(2)  تجمع معهد الدينة داخلي ( في شكل مدرسة داخلية  ) المجاورة مثل :  مدرسة  +  معهد الدينة داخلي ؛  المدرسة +  معهد الدينة داخلي ، أو المدرسة العامة + المدرسة + معهد الدينة داخلي في شكل تدبيرها  وشغلها تقام على أساس الإسلام؛
 (3)  المناهج الدراسات تخضع على  تعليم الإسلامي في المدرسة ، المدرسة العامة  في كائن وحدة  مع كل أخذ وتعطي، وتكامل وتعزز بعضها البعض، و
  (4)   إقامة الإتصال التعليمية أكثر فعالية ومقنعة مع أصحاب المصلحة العرفية والحكومة. مع استعادة أساس معهد الدينة داخلي يجعله من الاندماج  التربية الإسلامية في إضفاء الطابع الرسمي على الشريعة الإسلامية `في التعليم القائم على الإسلام في آتشيه كان من المفترض تحقيقها .

Lon lake meuah beurayek that meunye na salah, no tlong neupeubeutoi lom, mungken na kesalahan bacut.

Tema: Masa Depan Madrasah                                                                    
Abstrak

Restorasi Integrasi Ma`had Pendidikan Islam Di Era Global;
Madrasah, Dayah, danSekolah
(Refleksi Pengelolaan Pendidikan  dalam Masyarakat Pedalaman di Aceh)

Latar Belakang. Aceh dilabelkan dengan negeri “syari’at”. Artinya, negeri (baca: daerah) yang secara normatif-yusridis diberikan kesempatan untuk memformalisasi syari’at Islam secara kaffah. Untuk mengaktualisasi, sejatinya dimulai dari proses pendidikan yang berbasis syari’at. Tegasnya pendidikan Islam menjadi satu jawaban pasti dengan pelbagai varian modelnya. Dewasa ini, menyelenggaraan pendidikan berbasis keagamaan dalam bentuk madrasah, dan berbasis umum (non keagamaan) dalam bentuk sekolah, sementara masyarakat Aceh, sebagai masyarakat “pertama” yang merasakan Islam, memiliki tradisi pendidikan dalam bentuk dayah. Kontektual pengelolaan pendidikan di tengah-tengah masyarakat Aceh, terutama di pedalaman dan terpencil, jauh dari akses perkotaan, tiga institusi pendidikan ini menampilkan kesan eksklusivitasnya, yang masing-masing mengejar “target” institusional secara sempit dan tidak menampilkan pendidikan sebagai satu kesatuan dalam bingkai syari’at Islam di bumi Aceh, sehingga yang muncul ke permukaan: (1) sistem pendidikan tanpa merespon kontekstual ke-Aceh-an sebagai negeri syari’at; (2) antara satu insitutusi dengan institusi lainnya kurang terbangun komunikasi edukasi yang konstruktif demi kemajuan pendidikan; (3) sistem pembelajaran yang kurang peka dengan perkembangan global; (4) meudrah (studi) kitab dengan pendekatan tekstual murni, dengan mengesampingkan khazanah kitab yang lain; (3) menghindari saran konstruktif pengembangan pola modernisasi dayah; (5) menolak campur tangan pihak luar (eksternal) yang ikut peduli terhadap penglolaan dayah; (6) menjaga jarak dengan institusi pendidikan lainnya; (7) menganggap pendidikan formal sebagai pendidikan sekuler yang patut dihindari; (8) kurang responsif terhadap persoalan sosial kemasyarakat di sekitar dayah; dan (9) merasa anak kandung“ dari implementasi otonomi daerah bagi sekolah. Mengaca pada Islam sebagai studi sebagaimana dibangun oleh ulama dan ilmuan tempoe doeloe sifatnya komperhensif tanpa eksklusivitas yang menitik beratkan pada satu dimensi dan menafikan lainnya, sehingga pendidikan tampil sebagai satu mah’had pendidikan.Metode. Tulisan ini mengedepankan pendekatan empiris-etnografis, yang melihat kontektual pendidikan Aceh dalam bingkai syari’at Islam, dengan mengaca pada perenialisme Islam.
Hasil. Sejatinya, dinamika ini, harus disikapi dengan pola pikir yang holistik dan etnografis sehingga akan memberikan suatu alternatif pola yang memungkinkan terbangunnya makna integrasi ma’had (institusi) pendidikan yang diharapkan (baca: Islami). Dengan memandang bahwa pendidikan adalah satu-satunya yang membawa kemajuan bangsa --seperti telah dibuktikan oleh ulama terdahulu--, begitu juga paradigma studi yang tidak memiliki sekat dan bingkai yang baku, perlu dijadikan tolok ukur untuk mencapai kemajuan kembali.
Kesimpulan. Untuk itu pendekatan yang dapat dijadikan untuk memecahkan kebekuan sosiologis dalam pengelolaan pendidikan yang bercorak Islam, khususnya di daerah pedalaman di Aceh dan berbasis syari’at Islam adalah dengan; (1) revitalisasi regulasi peraturan perundang-undangan yang memungkinkan terbinanya integrasi substansi ma`had sebagai satu kesatuan institusi penyelenggaraan pendidikan berbasis syari’at (sebagai bentuk pendidikan Islan); (1) penyatuan ma`had(dalam bentuk boarding school) yang berdekatan: sekolah + dayah; madrasah + dayah; atau sekolah + madrasah + dayah, dalam bentuk kebijakan-kebijakan pengelolaan dan pemberdayaan yang berorientasi pada ke-Islaman; (3) mendudukkan kurikulum studi ke-Islaman pada madrasah, sekolah, dan dayah dalam satu kesatuan dengan saling take and give; saling mengisi dan menguatkan satu sama lainnya; dan (4) membangun  komunikasi edukasi yang lebih efektif dan persuasif dengan stakholder adat dan pemerintahan. Dengan restorasi integrasi ma’had ini kontruksi menjadikan pendidikan Islam dalam formalisasi syari`at Islam berbasis pendidikan di Aceh terwujud secara nyata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar